Memotivasi Karyawan Agar Semangat Bekerja


 Ketika anda menjadi seorang manajer , bagaimana cara memotivasi karyawan anda ?

          Hal yang pertama kali harus anda lakukan ketika menjadi seorang manajer adalah anda harus mengetahui dan mengerti karakter masing-masing karyawan anda, sehingga anda  mengetahui bagaimana anda harus memberikan motivasi kepada mereka agar kinerjanya meningkat dan menjadi team yang kompak. Di sela-sela kesibukan anda sebagai seorang manajer, anda juga harus dapat meluangkan sedikit waktu anda untuk mengobrol dengan mereka salah satunya sharing melalui briefing yang anda lakukan setiap pagi atau sebelum jam operasional di mulai.


Ketika mereka sudah mulai nyaman dengan metode kepemimpinan anda sebagai manajer, anda harus dapat menciptakan ide-ide kreatif yang bisa membuat mereka bersemangat dalam bekerja , salah satunya adalah mengapresiasikan kinerja mereka dengan memberikan reward yang di lakukan setiap bulan sekali atau setiap tahun sekali, sebagai bentuk penghargaan kepada mereka yang berprestasi. Dengan cara seperti itu anda bisa mendongkrak semangat mereka agar berpikir lebih kreatif dan bisa memberikan dampak positif untuk perusahaan. Di samping itu anda juga tidak boleh lupa bahwa sebagai pemimpin anda adalah panutan karyawan, anda adalah pemberi contoh untuk karyawan ,jadi berusahalah agar anda menjadi pemimpin yang layak untuk di ikuti karena jika karyawan anda tidak menilai anda sebagai pemimpin yang layak , bagaimana anda bisa mengharapkan mereka untuk mempercayai anda .


Setiap perusahaan pasti  memiliki visi dan misi begitu pun seorang karyawan pasti mereka menginginkan jenjang karir yang jelas, jadi sebagai manajer atau pemimpin tugas anda adalah selalu memberikan dorongan kepada mereka untuk meraih apa yang mereka cita -citakan di dalam perusahaan, misalnya ada salah satu karyawan yang suatu saat ingin menjadi manajer seperti anda, di situ anda harus bisa memberi gambaran  bahwasanya sukses ada di tangan mereka dan semua mereka yang menempuhnya tugas anda sebagai pemimpin adalah membantu proses itu semua. Intinya apa yang jadi impian dan tujuan mereka anda harus bisa menjabarkan dan meng explore untuk semangat karyawan .


Memberi motivasi karyawan dapat berupa memberikan wewenang pada setiap individu untuk berkontribusi pada perusahaan agar karyawan mempunyai peran dalam pekerjaannya dan membuat karyawan mempunyai performa melebihi ekspetasi. Sebagai seorang manajer sebaiknya dapat menjadi contoh bagi karyawan untuk melakukan suatu pekerjaan. Memberi karyawan motivasi untuk memiliki pemikiran yang terbuka agar dapat tercipta ide-ide baru dan metode-metode baru agar segala sesuatu yang baru patut di eksplorasi dan di pertimbangkan oleh perusahaan, dengan mendukung sebuah ide-ide baru dan memberikan masing-masing individu kesempatan untuk menjalankan ide-ide tersebut agar seorang karyawan dapat menuangkan kreatifitasnya tersebut di dalam sebuah pekerjaan . Dengan membuat lingkungan kerja yang positif untuk mencapai kesuksesan suatu perusahaan merupakan suatu cerminan dari pemimpin yang positif dan dengan merangkul perubahan agar karyawan dapat sadar betapa pentingnya suatu perubahan dalam pekerjaan . 


Memberikan pujian kepada karyawan yang bekerja untuk sebuah perusahaan tentu saja merupakan bagian penting dari seorang manajer dan seharusnya tindakan ini dilakukan jika karyawan memang telah melakukan pekerjaaan istimewa dan besar. Sebuah pujian dari atasan akan memberikan motivasi luar biasa bagi karyawan sebab karyawan merasa hasil kerja karyawan dihargai oleh sebuah perusahaan. Hal yang sederhana seperti ini harus dilakukan oleh seorang manajer agar dapat memotivasi kerja seorang karyawan.


Seorang karyawan pasti mengharapkan sebuah gaji dan insentif yang besar , oleh karena itu, sebagai seorang manajer harus peka akan hal itu agar tercapainya pastisipasi karyawan yang positif. Sebagian karyawan mampu melakukan apapun hanya untuk mendapatkan pengakuan, karyawan juga dengan senang hati akan melakukan hal tersebut tanpa imnbalan atau bayaran . Hal ini bisa menjadi senjata rahasia seorang manajer untuk memotivasi kerja karyawannnya. Pengakuan merupakan hadiah emosional untuk kerja seorang karyawan, seperti mengakui keunggulan karyawan di tempat kerja, memberikan penghargaan atas keberhasilannya mencapai target penjualan atau bahkan penghargaan untuk kehadiran dan kedisiplinannya. Hal ini dapat dikatakan sangat efektif dalam upaya memotivasi karyawan. Memberikan keseimbangan pada waktu bekerja juga penting dalam suatu perusahaan, keseimbangan antara waktu kerja dan refreshing juga penting untuk mempertahankan tingkat produktivitas dan juga kesehatan bagi karyawan.


Jadi kesimpulannya memberikan motivasi kepada karyawan dapat dilakukan dengan berbagai cara atau dalam bentuk apapun yang bisa memberikan dampak positif bagi individu (karyawan) maupun perusahaan, dengan memberikan motivasi yang positif dan memenuhi kebutuhan karyawan seperti kebutuhan aktualisasi diri, kebutuhan harga diri, kebutuhan sosial, serta kebutuhan fisiologis dapat membentuk team work yang bagus sehingga dapat meningkatkan kedisiplinan, kreatifitas, partisipasi karyawan dan meningkatkan hubungan kerja yang harmonis serta dapat mempertahankan kestabilan karyawan .


Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Memotivasi Karyawan Agar Semangat Bekerja"

Post a Comment

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Yuk Donasi ke Blog ini, Bantu berikan donasi jika dirasa blog ini bermanfaat. Donasi akan kita gunakan untuk membiayai seluruh kebutuhan blog ini. Terima kasih telah mempercayakan  Mas Subhan Blog :)
banner