Cara Membuat Subdomain di Blogger Tanpa Hosting

 

Cara Membuat Subdomain

Apa itu Subdomain ?

Subdomain merupakan pecahan atau bagian dari sebuah domain, dengan kata lain ibarat rumah maka subdomain adalah isinya. Sebagai contoh sport.detik.com sport merupakan subdomain , detik adalah nama domain dan .com adalah ekstensi domainnya. 

Fungsi dari Subdomain ?

Bila kita sudah memahami apa itu subdomain maka kita juga wajib tau apa fungsi dari subdomain tersebut. Secara garis besar, fungsi dari subdomain yang paling utama adalah untuk membuat banyak website dengan domain yang sama, namun beda dengan tujuan. Untuk tujuan pembuatan subdomain itu sendiri terbagi dalam beberapa hal bergantung kebutuhan seperti : untuk mengkategorikan website atau produk terntentu atau membuat website dalam tampilan tertentu dan lain sebagainya.

Bisakah membuat subdomain tanpa hosting ?

Subdomain memang selalu identik dengan hosting, padahal tanpa hosting pun subdomain bisa dibuat hanya cukup dengan menyetting DNS domain saja. Saya sendiri awalnya sempat menyerah karena tidak menemukan artikel yang membahas tentang cara membuat subdomain tanpa hosting, rata - rata artikel yang saya temui semua membahas pembuatan subdomain melalui cPanel atau hosting. 

Cara Membuat Subdomain Tanpa Hosting :

  • Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah " Membuat Blog Baru "
Sebelum membuat subdomain, hal yang pertama kali harus kamu lakukan adalah membuat blog baru bagi yang belum punya dan apabila kamu sudah mempunyai blog yang ingin dijadikan subdomain maka kamu tidak perlu membuat blog baru lagi. Untuk membuat blog baru kamu bisa membaca tutorialnya di artikel saya yaitu " Cara Membuat Blog dan Mulai Menghasilkan Uang " atau kamu bisa mengikuti langkah berikut :

1. Buka blogger.com
2. Log in dengan akun kamu
3. Lalu pilih " Blog Baru " 
massubhan.com
 
4. Silahkan buat nama dan alamat blog kamu ingin buat, setelah itu jangan lupa untuk disimpan

  • Yang kedua, Apabila blog telah selesai dibuat maka sekarang saatnya kamu membuat subdomain.
Untuk membuat subdomain tidaklah sulit, kamu bisa melakukannya sendiri apabila kamu sudah memiliki blog yang sudah menggunakan TLD atau Top Level Domain. Dan berikut adalah cara untuk membuat subdomain di blogger tanpa hosting :

1. Langkah pertama, silahkan log in ke client zone di website kamu membeli domain, lalu pilih " Manage DNS " kebetulan disini saya membeli domain dari Exabytes dan seperti inilah kira-kira tampilannya ( Perhatikan gambar dibawah ) Domains => Manage DNS
massubhan.com

2. Langkah kedua, silahkan klik menu " Edit Zone ". Perhatikan gambar dibawah :

massubhan.com

3. Selanjutnya yang ketiga, setelah kamu mengklik Edit Zone, maka kamu di arahkan ke halaman yang tampilannya seperti gambar dibawah ini dan silahkan klik " Add Record ":
massubhan.com

4. Setelah itu, akan muncul tampilan seperti ini : 

  • Name : Isi dengan nama subdomain yang kamu inginkan, contoh : saya ingin membuat subdomain kuliner dan saya mempunyai domain utama massubhan.com maka, jadinya adalah kuliner.massubhan.com ( kuliner adalah subdomain dan massubhan.com adalah domain utama ). Jadi di kolom name akan saya isi dengan nama " kuliner ".
  • Type : Terdapat beberapa pilihan dan silahkan pilih " CNAME "
  • TTL  : Biarkan saja sesuai default
  • RDATA : Isi dengan " ghs.google.com "
5.  Bila semua kolom sudah terisi silahkan klik " Add Record " dan jangan lupa untuk disimpan.
  • Subdomain sudah berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah memasang domain ke Blogger
Oke sobat, subdomain sudah berhasil kita buat, satanya skarang untuk memasang subdomain yang telah kita buat tadi ke dalam blog kita. Berikut adalah tutorialnya :

1. Buka blogger.com
2. Masuk ke akun kamu dan buka dashboard blog baru yang telah kita buat 
3. Masuk ke menu " Setelan " Lalu klik " Domain kustom "
massubhan.com

4. Masukkan nama subdomain yang telah kita buat ke kolom domain setelah itu simpan. Perhatikan gambar dibawah :
massubhan.com
 

5. Selesai, subdomain siap digunakan.

Perlu kamu ketahui bahwa subdomain yang sudah kita pasang kedalam blogger memerlukan waktu 15-30 menit untuk dapat menampilkan blog kita dalam bentuk subdomain. Jadi jangan kaget apabila kamu sudah memasang subdomain lalu kamu preview dan hasilnya tidak tampil, saat disitulah kamu perlu sabar menunggu.

massubhan.com


Dan Gambar diatas merupakan tampilan subdomain yang kita buat tadi. 

Itulah Cara Membuat Subdomain di Blogger Tanpa Hosting dari mas subhan blog, semoga dapat membantu sobat blogger kali ini, jangan lupa share dan berlangganan. Terima kasih












Berlangganan update artikel terbaru via email:

4 Responses to "Cara Membuat Subdomain di Blogger Tanpa Hosting"

  1. This is intended to be a hold-your-hand guide, to assist even the least intrepid website owner to get over their needless fear of switching to another web host or web hosting package. It is important to realize that by sticking to your old web host you may be losing out on better deals, more up time and superior back-up and support. https://onohosting.com/

    ReplyDelete
  2. Does the net host naturally reinforcement client sites in the event of data deficit? How frequently? https://onohosting.com/

    ReplyDelete
  3. Good artcile, but it would be better if in future you can share more about this subject. Keep posting. Serverbetreuung

    ReplyDelete
  4. "For what reason aren't the photos stacking up?" - SUPPORT SERVICE will furnish you with addresses for such inquiries. It is totally important to have one since great assistance support truly accelerates the critical thinking measure. 90% of shared web hosting suppliers have sufficient help support and just 10% of free web hosting suppliers have one. website hosting pakistan

    ReplyDelete

Berkomentarlah dengan bijak dan sopan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Yuk Donasi ke Blog ini, Bantu berikan donasi jika dirasa blog ini bermanfaat. Donasi akan kita gunakan untuk membiayai seluruh kebutuhan blog ini. Terima kasih telah mempercayakan  Mas Subhan Blog :)
banner